Rabu, 16 Januari 2019

kerajinan bab 1

                                                 BAB I (Kerajinan Bahan Lunak)


A.Prinsip Kerajinan Bahan Lunak 
  • pengetahuan dalam keberagaman bahan dan alat serta teknik yang digunakan merupakan cermin dari kepiawaian pengrajin dalam menciptakan karyanya.Menunjukan adanya kemampuan daya serap pengrajin untuk mengadaptasi segala perubahaan sosial budaya yang terjadi dalam masyarakat.Tanpa disadari mereka mampu melakukan perubahan-perubahan kreatif.Masuknya teknologi dalam bentuk memanfaatkan bahan,terutama bahan lunak buatan,Merupakan sesuatu yang baru dan tidak mudah dalam untuk diterapkan. 
     

  • beberapa prinsip praktiknya kerajinan yang dibuat yaitu: 
  A.Keterampilan Tangan      Kerajianan yang dibuat menggunakan keterampilan tangan,meskipun produksinya banyak,produk kerajinan tetap mengandalkan tangan.Sementara itu ,industri bertumpu pada mesin.Inilah yang membedakan antara produk kerajinan industri dan kerajianan tangan.
B.Keterampilan Teknik
     Pembuataan benda-benda kerajinana dilakukan secara berulang ulang yang didasari oleh keterampilan teknik/keprigelan.Sehingga produk yang dihasilkan sudah memiliki kekhasan tangan ,yang hanya bisa dilakuakan dengan keterampilan teknik yang dimiliki oleh tangan seseorang
C.Kedaerahan/Tradisional
     Kerajinana merupakan benda-benda yang mempuyai nilai guna,praktis universal ,dibuat dengan keterampilan teknik tangan yang masih dipengaruhi oleh adat istiadat setempat. 

  •     Kerajianan dari bahan lunak merupakan produk kerajinana yang menggunakan bahan dasar yang bersifat lunak yaitu: lentur,lembut,empuk dan mudah dibentuk.
secara umum jenis karya ini dapat dipilih menurut manfaatnya,Sebagai berikut.


A.Kelengkapan Busana

  Contoh: kalung 

 
     
Gambar terkait
   B.kelengkapan Suatu Benda 
       
   Contoh:tempat tisu 
Hasil gambar untuk contoh suatu benda tempat tisu

C.Kelengkapan Rumah/Bangunana
Gambar terkait

Contoh:  hiasan patung katak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kerajinan bahan Keras Buatan

A.Kerajinan Kaca Kaca adalah zat tembus cahaya dan jernih yang terjadi jika tanah kersik dalam bentuk pasir kwarsa dan batu api yang ditu...