Rabu, 20 Maret 2019

Kerajinan Sem 2

Kerajinan Semester 2 

Materi: *Kerajinan bahan Limbah keras 

1. Pengertian Limbah Keras.

Limbah keras adalah Limbah yang berwujud dan bertekstur keras, padat, tidak mudah berubah bentuk, tidak mudah diolah dan diuraikan oleh tanah. Limbah keras juga terbagi menjadi dua jenis yaitu limbah keras organik dan anorganik.  

  • Limbah keras organik adalah limbah yang berasal dari alam seperti tumbuhan dan hewan yang bersifat keras, padat, dan membutuhkan waktu yang lama untuk terurai didalam tanah. 


  • Limbah keras anorganik adalah jenis limbah yang berwujud keras, padat, sangat sulit dan bahkan tidak dapat terurai atau membusuk
Sampah anorganik berasal dari sumber daya alam dan kimia yang tidak terbarui.Akumilasi limbah yang merupakan sisa hasil buangan memiliki potensi sebagai polutan atau penyebab polusi. Oleh sebab itu,dengan proses daur ulang, sampah atau limbah mendapatkan perhatian khusus dan penanganan yang maksimal.

 Limbah tersebut berasal dari sumber daya pertambangan seperti minyak bumi, batubara, besi, timah, dan nikel. Mayoritas limbah banyak berasal dari aktifitas industri, pertambangan, dan domestik seperti sampah rumah tangga seperti cangkang kerang, tempurung kelapa, sisik ikan, kaleng bekas, botol, plastik, karet sintetis, potongan logam, berbagai jenis batuan, beling, tulang belulang, stereofoam dan lainnya.

Pada proses pengolahan limbah,untuk limbah keras yang ada dilingkungan masyarakat terlebih dahulu dilakukan dengan pengolahan:

  • Sanitasi (SanitaryLandfill).
    Yaitu suatu metode pengolahan sampah terkontrol dengan sistem sanitasi yang baik.
  • Pembakaran (incineration).
    Yaitu proses pembakaran sampah didalam alat insinerator yang hasil pembakarannya berupa gas dan residu pembakaran.
  • Penghancuran (Pulverisation).
    Yaitu Proses penghancuran sampah yang dilakukan didalam mobil sampah yang telah dilengkapi dengan mesin atgau alat pengaduk sampah. Sampah - sampah tersebut langsung dihancurkan menjadi potongan-potongan kecil yang dapat dimanfaatkan untuk menimbun tanah yang letaknya rendah.
Limbah keras yang dapat didaur terdiri dari beberapa jenis diantaranya adalah yaitu:cangkang kerang, tempurung kelapa, tulang belulang, plastik, logam, kaca, dan kaleng.


2. Prinsip Kerajinan Bahan Limbah Keras.

Pengolahan limbah keras maupun organik, memiliki prinsip yang sama yaitu dengan cara 3R yakni Reduce (, Reuse, dan Recicle.
  • Reduce berarti mengurangi penggunaan terhadap bahan-bahan yang bisa merusak lingkungan. 
  • Reuse adalah pemakaian kembali
  • Recycle adalah proses mendaur ulang barang limbah atgau sampah.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kerajinan bahan Keras Buatan

A.Kerajinan Kaca Kaca adalah zat tembus cahaya dan jernih yang terjadi jika tanah kersik dalam bentuk pasir kwarsa dan batu api yang ditu...