Rabu, 28 Agustus 2019

Proses kerajinan alam


C. Kerajinan Rotan

Kerajinan Rotan | Salah satu potensi hasil hutan di Indonesia yang cukup besar adalah rotan. Ini terbukti dengan menjadinya Indonesia sebagai penghasil rotan paling besar di dunia pada tahun 1994, Malahan pada tahun 2013, menurut salah satu website berita di Indonesia (https://bisnis.tempo.co/read/479915/indonesia-diklaim-penghasil-rotan-terbesar-di-dunia), dalam sebuah makalah atau artikel disebutkan bahwa “Menurut Wakil Menteri Perindustrian,  Indonesia adalah negara yang menghasilkan rotan yang paling besar di dunia, dengan perkiraan sekitar 85 %  bahan rotan dunia di suplay dari Indonesia“. Dari data tersebut yang membuat rotan mempunyai potensi yang besar di Indonesia. 

Di Indonesia rotan banyak dihasilkan dari hutan – hutan di Pulau Kalimantan, Sumatera, Jawa, Nusa Tenggara, Sulawesi dan Papua. Dari sumber yang lain disebutkan bahwa penghasil rotan terbesar di Indonesia adalah Kalimantan, Sulawesi dan Aceh. Terlepas dari daerah atau pulau manapun yang menghasilkan tetapi fakta yang sudah jelas adalah Indonesia adalah penghasil rotan terbesar di dunia.
Ada berbagai macam manfaat dari rotan, diantaranya adalah dengan menjadikan rotan tersebut sebagai sebuah bentuk kerajinan. Apa itu kerajinan rotan?, tentulah kita semua tahu bahwa pengertian kerajinan rotan adalah kerajinan yang terbuat dari bahan baku rotan, J. Contoh beberapa hasil kerajinan rotan antara lain kap lampu, tudung nasi, keranjang, kursi goyang, mainan anak seperti kuda lumping, ayunan, dll. Kerajinan rotan banyak berkembang di berbagai daerah di Indonesia antara lain Jepara, Cirebon, Sukoharjo, Jogja, Lombok, Bali, Jakarta, Bandung, Malang. Selain konsumsi lokal dalam negeri, kerajinan rotan penjualanya juga sudah mencapai luar negeri. Daerah tujuan ekspor yang sudah menjadi tujuan ekspora antara lain di Amerika, Jerman, Belanda, Finlandia, Rusia, Malaysa, Turki,  dan Timur Tengah. Rotan yang di ekspor kebanyakan dalam bentuk furniture dan kerajinan rotan.

  • Bahan Pembuatan Kerajinan Rotan 
Hasil gambar untuk rotan








Hasil gambar untuk minyak tanah











Hasil gambar untuk belerang



Hasil gambar untuk paku














Hasil gambar untuk politur






















































Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kerajinan bahan Keras Buatan

A.Kerajinan Kaca Kaca adalah zat tembus cahaya dan jernih yang terjadi jika tanah kersik dalam bentuk pasir kwarsa dan batu api yang ditu...